Berlangganan info

Rabu, 11 Desember 2013

Teknisi Laptop


400rb

Dengan memahami definisi dan gejala keruskaan, Pengguna laptop dapat memahami kondisi laptop yang akan di service. Jika perbaikan gagal dilakukan kedua belah pihak sepakat akan menyerahkan/menerima laptop minimal seperti kondisi awal masuknya. (terkecuali batteray karena sifat batteray kekuatannya terus menurun terutama jika tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama). Berikut Lima Gejala dan permasalahan yang sering NETcom tangani.

Matot=Mati Total=matol=tidak ada indikator/lampu yg hidup satupun.tdk ada pergerakan apapun. Permasalah diatas berkaitan dengan POWER MODUL(semua circuit dan komponen yang berkaitan dengan Power suplay,baik VALW maupun VS supply.

No display=no post=boot failur=indikator lampu charger hidup,ditekan tombol power laptop hidup tetapi tidak tampilan dilayar. Permasalahan tersebut berkaitan dengan BIOS, VCCORE, CCRAM,VCCP, CHIPSET

Power Drop=VS Failure=indikator lampu charger hidup atau mati, ditekan tombol power laptop hidup(led/lampu power on hidup) tetapi beberapa saat/detik mati lagi. Permasalah tersebut berkaitan dengan Bios, Embedded controler, VS_suplly dan Power spike atau VS_short, chip short

Tidak bisa di switch=indikator lampu charger hidup, ditekan tombol power laptop tidak ada respon apapun. Permasalah diatas berkaitan dengan BIOS, Embedded controller, VSB (Power switch button) VS_supply dan Power spike atau VS_short, chip short

Blank Putih=indikator lampu charger hidup, ditekan tombol power laptop hidup tampilan dilayar hanya berwarna putih polos. Permasalah diatas berkaitan dengan Konector, cabble LVDS. signal down,PWM,LCD/LED circuit.

Pemahaman gejala kerusakan diatas juga dapat dijadikan acuan kelompok kelompok garansi. tentu saja jika masuknya mati total (power modul) tidak ada hubungannya dengan no display . Sehingga kedua belah pihak user/teknisi memahami jika permasalahan baru pada laptop timbul dan tidak berkaitan dengan kasus/kerusakan yang pertama.Sehingga teknisi berhak untuk membuat lembar baru kesepakan kerja .

Selain memiliki hak, konsumen juga berkewajiban menghormati hak hak pelaku IT maintenance (teknisi) untuk mendapatkan complain dengan cara yang intelektual/beradab dan mendapatkan keleluasaan waktu dalam melakukan pengerjaan service yang membutuhkan konsentrasi dan perhitungan yang cermat.



0 komentar:

Posting Komentar